Monday, December 21, 2009

Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 4 - 55 pada 21 Disember 2009 pukul 18.00 WIB di TPI


Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 4 hingga 55 di TPI

***********************************************************************
Pemain :

Ramzi (Bang Sidik)
Adam Jordan (Sanip)
Derry 4 Sekawan (Kusni)
Sarah Shafitri (Ustadzah Anisa)
Desi Florita (Neneng)
Ony SOS (Amsir)
Fairuz A Rafiq (Sarti)
Dona Amelia (Rita)
Ilham Aji Santoso (Si Mamat)
Baron Yusuf Siregar (Samsu)
Sheina Abdat (Ella)
Meny Agus Nori (Ida)
Fathur Rahman Hadi (Eko)

Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 4 - "Mamat Menangkap Perampok"

Tayang : Kamis, 8 Oktober 2009, pukul 18.00 WIB
Produksi : Starvision

Baru-baru ini kejahatan semakin merajalela di pasar jangkrik. Toko beras milik Haji Mansur ikut kena sasaran. Warung sayur Mpok Neneng juga kena imbasnya. Sepertinya perampok semakin sadis dan tak pandang bulu.
Bang Sanip sebagai penjaga keamanan tak berdaya. Tapi sebenarnya bang Sanip sendiri tahu siapa pelakunya. Karena Bang Sanip dapat jatah, maka Bang Sanip pura-pura tidak tahu. Itulah yang membuat Mamat marah dan ingin melakukan perlawanan.

Mamat pun memanfaat Bang Sidik sebagai jagoan. Mamat mempergunakan kesaktiannya lewat tubuh Bang Sidik. Sebenarnya bukan Bang Sidik yang melawan para perampok, melainkan kepintaran tangan Mamat.

Suatu kali, saat Mamat tak ada, Bang Sidik jadi sok dan sok jagoan. Bang Sidik mengira dirinya benar-benar sakti. Yang terjadi, Bang Sidik malah jadi bulan-bulanan perampok.

Mamat sedih atas kejadian yang menimpa Bang Sidik. Warga pasar jangkrik semakin panik. Sementara itu Mamat memergoki Bang Sanip yang bersekongkol dengan ketua perampok. Dengan menggunakan kesaktiannya, Mamat ngerjain Bang Sanip dan ketua perampok. Mamat mengadu domba keduanya, sehingga Bang Sanip tak lagi bersatu dengan perampok.

Bang Sanip mendapat ancaman dari perampok. Saat Mamat sudah berhasil menangkapnya, Bang Sanip justru ingin melepasnya. Mamat jadi kesal dan menangkap perampok-perampok itu dengan cara menakut-nakutinya. Perampok-perampok jadi jera dan menyerahkan diri pada keamanan. Bang Sanip sebagai keamanan pasar jadi bingung mengapa rampok begitu trauma.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 5 - "Batu Penyembuh"

Tayang : Jumat, 9 Oktober 2009, pukul 18.00 WIB
Produksi : Starvision

Bang Sidik mengeluh karena dagangan batu akiknya mulai lemah. Hal itu membuat Mamat jadi ikutan sedih. Mamat ingin membantu Bang Sidik berjualan. Akan tetapi Samsu dan teman-temannya mengusik. Ela, anaknya Bang Amsir si tukang parkir membantu Mamat.
Dalam satu kesempatan, seorang lelaki pincang hendak membeli batu cincin. Mamat pun melayaninya, dan bilang kalau batu cincinnya bisa berkhasiat menyemuhkan penyakit si lelaki. Dengan cara digosokan ke bagian kaki yang pincang, kaki si lelaki tua berangsur-angsur normal kembali. Si lelaki bengong. Si lelaki tidak tahu kalau yang menyembuhkan kakinya adalah telunjuk si Mamat.

Si lelaki pun menyebarkan tentang keampuhan batunya, yang dia sebut sebagai batu penyembuh! Dagangan Mamat banyak diserbu orang. Mamat jadi kewalahan, dan terpaksa diam-diam mentransfer kekutannya ke dalam setiap batu yang akan dibeli pembelinya.

Samsu Cs kesal melihat dagangan Mamat laku. Mereka berusaha membuat kekacauan dengan cara meneror Mamat. Mamat malah balik membalas teror Samsu, membuat Samsu dan teman-temannya ketakutan. Bila Samsu menaruh ular mainan, Mamat dengan kekuatan supernya menghidupkan ular tersebut. Tikus mainan pun jadi hidup dengan hanya mendapat cahaya dari telunjuk Mamat.

Sementara itu, merasa dagangannya laku, Bang Sidik melarang Mamat jualan. Biar Bang Sidik aja yang jualan. Tetapi Bang Sidik yang jadi sok ini kena batunya. Sebab saat pembeli minta keampuhan batunya, Bang Sidik tak bisa berbuat apa-apa.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 6 "Sekolah Gratis"

Tayang : Senin, 12 Oktober 2009, pukul 18.00 WIB
Produksi : Starvision

Anak-anak di sekitar pasar jangkrik tak bisa bersekolah karena sekolah mereka rubuh. Untuk mendaftar ke sekolah negeri atau sekolah yang layak, mereka tidak mampu. Samsu Cs yang sombong pun tak mampu biaya sekolah di sekolah biasa.

Ustadzah Anisa mendirikan sekolah gratis secara sederhana di sebelah rumahnya. Ustadz menjadian satu ruangan khusus untuk anak-anak sekitar pasar. Sekolahnya semacam madrasah karena lebih banyak ilmu agamanya.

Samsu Cs tidak suka keberadaan Mamat di sekolah baru. Itulah sebabnya Samsu Cs ingin membuat suasana Mamat tak betah. Tetapi Mamat yang memiliki kesaktian mampu menghadapi segala macam intrik jahat yang dilakukan Samsu dan anak buahnya.

Bang Sidik mengusulkan para orangtua yang anaknya sekolah di tempat Ustadzah Anisa agar menyumbang pada Ustadzah Anisah. Meski Ustadzah Anisa tidak menerima bayaran, beberapa warga memberikan sumbangan. Neneng menyumbang sayuran sebagai pembayaran spp. Surti siap memberikan pelayanan jamunya. Pedagang lain yang anaknya bersekolah ada yang menyumbang kelapa, ikan, atau apa saja.

Bang Sidik sendiri sebenarnya sedang tidak ada uang. Karena dagangan batu akiknya belum laku-laku. Sementara dia tak punya simpanan. Akhirnya Bang Sidik menyumbang batu akik buat ustadzah Anisa. Hal ini di tertawakan bang amsir, yang memang naksir ustadzah Anisah. Dan Bang Amsir sombong memberikan sumbangan di sipan bang sidik. Bang sidik hanya menelan ludah.

Keberadaan sekolah di tempat Ustadzah Anisa mendapat hambatan dari orang-orang yang mengaku pemeritah kota. Tetapi satu diantara mereka malah minta disogok kalau sekolah gratis ingin tetap ada. Mamat yang mengetahui hal ini diam-diam ngerjain oknum pemerintah. Sehingga mereka menyerah. Benar saja, mereka itu ternyata orang-orang pemerintahan gadungan. Sebab kenyataanya, pemerintah yang diwakilkan pak Lurah memberikan penghargaan pada Ustadzah Anisa. Ustadzah Anisa sendiri berterima kasih pada Mamat. Mamat bingung kenapa ustadzah melakukan hal ini. Rupanya ustadzah Anisa juga tahu apa yang dilakukan Mamat, yakni mengusir orang-orang pemerintah gadungan dengan kesaktiannya.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 7 - "Anak-Anak Sekolah Tetangga"

Tayang : Selasa, 13 Oktober 2009, pukul 18.00 WIB
Produksi : Starvision

Samsu Cs iseng memintai uang kepada anak-anak sekolah lain yang berseragam rapih. Mamat dipaksa mengikuti kemauan Samsu. Pada saat teman-teman anak-anak sekolah lainnya lebih banyak dan balik mengeroyok Samsu, yang apes justru Mamat. Mamat yang akhirnya dituduh mengganggu anak sekolah lain.

Bang Sidik dan Pak Kusni menyidang Mamat, dan menyalahkan Bang Sidik yang dianggap tidak mampu mengurus Mamat. Selain itu Bu Ustadzah Anisa juga dianggap gagal dalam mendidik Mamat.

Mamat jadi sedih dan merasa bersalah. Namun diwaktu berikutnya, Mamat kembali mendapat kesialan, karena dikeroyok oleh anak-anak sekolah sebelah yang masih sakit hati karena dimintai uang tempo hari. Untunglah Mamat ditolong oleh Chika, anak sekolah sebelah yang menaruh kasihan pada Mamat.

Ustadzah Anisa mengusulkan anak-anak didiknya untuk bertanding pencak silat dengan anak-anak sekolah lain. Daripada ribut tak ada gunanya, lebih baik tenaganya dilampiaskan untuk ilmu bela diri.

Mamat dan anak-anak lainnya diajari ilmu bela diri buat menghadapi anak-anak geng sekolah sebelah. Saat berlatih, Samsu ingin dirinya disebut sebagai yang terbaik. Sehingga dia menginginkan Mamat celaka. Benar saja, saat latihan Mamat terkena papan yang sudah dibuat terbelah dua, sehingga kaki Mamat tertimpa. Mamat tak bisa mengikuti pertandingan bela diri itu.

Saat bertanding, ternyata Samsu menjadi yang terbaik. Dan sebenarnya, semua itu tak lepas dari bantuan Mamat yang menggerakkan telunjuk tangannya supaya lawan-lawan Samsu bisa dikalahkan.

Karena merasa bisa mengalahkan lawan-lawannya di pertandingan bela diri, Samsu jadi sombong. Saat tak ada hujan tak ada angin, Samsu malah menantang anak-anak geng sekolah yang sebenarnya sudah berbaikkan. Anak-anak geng sekolah akhirnya terpaksa melawan Samsu. Samsu yang sudah tak lagi mendapatkan bantuan Mamat diserang. Samsu babak belur. Samsu sadar bahwa ketika ia menjadi hebat, tak lain karena mendapat bantuan dari seseorang. Dan Samsu tidak tahu kalau Mamat yang telah membantunya.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 8 - "Si Jangkrik"

Tayang : Rabu, 14 Oktober 2009, pukul 18.00 WIB
Produksi : Starvision

Saat Mamat sedang menyapu di kelas, Samsu tiba-tiba menegornya dari belakang hingga Mamat jatuh tersungkur. Bukan hanya itu saja, Samsu juga merampas tas baru milik seorang murid, mengambil uangnya dan mengancamnya. Anak itu pun hanya bisa menangis. Ela yang hendak protes malah dicoret pipinya dengan spidol.

Saat Ustadzah Anisa masuk kelas, Samsu pura-pura bersikap baik. Dia langsung memimpin teman-temannya berdoa, menghapus papan tulis, membersihkan tempat duduk Ustadzah sehingga Anisa memujinya. Samsu tampak bangga dan mencibir ke arah Mamat. Mamat ternyata tersenyum dan merasa senang dengan perubahan Samsu. Namun, begitu waktu pulang tiba, ternyata perangai buruk Samsu kembali ditampakkan. Samsu lagi-lagi menenggor mereka dari belakang hingga mereka terjatuh, kemudian memalak uang mereka atau merampas makanan bekal mereka lalu pergi dengan sombongnya.

Mamat, Ela dan anak-anak lain merasa kesal dengan ulah Samsu. Mereka ingin memberi Samsu pelajaran. Mereka lalu berkumpul di lapangan bola. Sambil bermain bola, mereka berpikir bagaimana caranya membuat Mamat jera. Tak lama kemudian Bang Sidik datang dan memberitahu mereka kalau lapangan bola akan ditutup untuk dijadikan tempat sampah oleh teman Bang Sanip. Mamat dkk merasa keberatan dengan rencana tersebut. Mamat pun segera mencari tahu siapa pemilik ide ini.

Belakangan baru diketahui bahwa Bang Saniplah yang mempunyai ide tersebut. Ia ternyata menawarkan ide itu kepada seorang pengusaha. Sementara Samsu mendukung sikap bapaknya karena dirinya telah diberi uang dan banyak mainan, meskipun sebenarnya Samsu juga gemar bermain bola.

Hingga pada suatu ketika, Mamat yang baru pulang dari warung tanpa sengaja melihat mobil truk berhenti di dekat lapangan. Mamat yang penasaran segera mendekat. Dia melihat Bang Sanip dan Samsu hendak membuang limbah berbahaya di tempat itu. Dengan kemampuan tangannya Mamat pun segera merekam pembicaraan bapak beranak itu memakai tape recorder dan memotretnya. Namun tanpa sengaja Mamat menyenggol papan hingga terjatuh. Untungnya ada kucing yang lewat sehingga Bang Sanip mengira bahwa papan itu dijatuhkan kucing.

Keesokan harinya, sewaku Bang Sanip hendak berpidato kepada warga tentang keuntungan adanya TPS di tempat tersebut, Mamat ternyata sudah terlebih dahulu memutar rekaman pembicaraan antara Bang Sanip dan Samsu serta foto limbah yang akan mereka buang. Warga pun menjadi marah. Bang Sanip dan Samsu spontan langsung kabur. Semua mengejarnya. Bang Sanip dan Samsu akhirnya terjatuh ke dalam limbah yang akan mereka buang, sehingga sekujur tubuh mereka penuh dengan lumuran limbah.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 9 - "Cerdas dan Cermat"

Tayang : Kamis, 8 Oktober 2009, pukul 18.00 WIB
Produksi : Starvision

Sepulang dari mengajar anak-anak pasar jangkrik, Ustadzah Anisa bertemu Sidik yang kebetulan baru saja membuka lapak dagangannya di pasar. Ustd.Anisa bercerita bahwa selama ini usahanya untuk membuat anak-anak pasar pintar belum mendapat dukungan dari orangtua mereka. Sidik pun berjanji akan membantu mendukung semua kegiatan belajar anak-anak pasar.

Ditengah obrolan, Ustd.Anisa secara kebetulan bertemu dengan temannya bernama Romli. Ustd.Anisa bercerita tentang sekolah gratis yang ia rintis. Romli yang sekarang bekerja di Dinas Pendidikan bagian pengurusan masalah sekolah Non Formal merasa tertarik untuk meninjau sekolah gratis tersebut. Romli juga memberikan peluang agar sekolah pasar jangkrik bisa ikut cerdas cermat antar sekolah yang diadakan oleh Dinas pendidikan.

Keesokan harinya Ustd.Anisa mengenalkan Romli pada muridnya. Mamat dan Ela merasa senang karena akhirnya ada orang dari dinas pendidikan yang datang untuk meninjau sekolah mereka. Sayangnya tidak demikian dengan apa yang dirasakan Samsu cs. Orang asing membuat mereka gerah karena takut akan digusur. Namun setelah tahu tujuan Romli, anak-anak pun menjadi lega. Bahkan mereka bersemangat karena Ustd.Anisa akan mengadakan seleksi untuk memilih kelompok mewakili sekolah pasar jangkrik di lomba cerdas cermat. Dan dari sekian murid yang ada, terpilih 9 orang yang terbagi menjadi 3 kelompok, diantaranya adalah Samsu cs, Mamat, Ela, dan To’ing. Mereka akan diuji besok.

Hari seleksi tiba. 3 kelompok mendapat nilai yang sangat ketat. Akhirnya kelompok Mamat cs dan Samsu cs yang lolos ke babak berikutnya. Dari dua kelompok ini akan diambil satu mewakili sekolah pasar jangkrik. Samsu cs yang lolos ke babak berikut karena sukses dengan contekannya, kali ini kembali berbuat licik dengan mencatat dan menghapal jawaban soal yang secara tidak sengaja tertinggal di meja peserta karena Ustd. Anisa sempat lupa meletakkan map soal tersebut. Samsu cs jadi percaya diri.

Pada hari seleksi berikutnya, Samsu berusaha menggagalkan usaha Mamat cs untuk bisa lolos ke babak penentuan dengan cara menyiapkan jebakan yang membuat mamat tidak bisa datang tepat waktu. Ida sebenarnya tidak mau ikut mengerjai mamat, tapi karena dipaksa ia akhirnya nurut juga. Di tempat yang berbeda Samsu cs juga mengerjai To’ing. Mereka mencampur sarapan To’ing dengan obat sakit perut.

Dari kelompok Mamat, hanya Ela yang selamat karena Samsu kasihan dan sayang padanya. Apalagi kalo Ela tidak datang otomatis Samsu tidak bisa ngecengin Ela. Benar saja, kelompok A yang baru hadir hanya Ela, padahal di tempat seleksi itu sudah banyak yang menunggu. Sebaliknya, kelompok B sudah lengkap. Namun To’ing akhirnya datang sambil memegangi perutnya yang masih sakit. Ustd.Anisa lalu memberikan obat buat To’ing. Beberapa saat kemudian perutnya sembuh. Samsu masih yakin jika si Mamat tidak akan datang, karena ia sudah mengubah undangan tempat seleksi dengan tempat lain.

Mamat heran melihat balai warga kosong melompong. Ia mencoba menunggu, tapi tak seorang pun datang. Ia lalu bertemu Sarti yang sedang berkeliling menjual jamu. Sarti bertanya mengapa Mamat ada di sini, padahal di sekolah sedang ramai karena ada seleksi cerdas cermat. Mamat akhirnya sadar jika ia telah terkena jebakan. Mamat pun lari sekencang-kencangnya untuk kembali ke pasar jangkrik. Karena lelah, di jalan mamat mencari tumpangan. Ia lalu menumpangi tukang ojek yang sering mangkal di pasar jangkrik yang kebetulan lewat. Dengan tangannya, motor ojek pun melesat jauh.

Mamat akhirnya sampai. Semua berjalan lancar termasuk Samsu yang hafal jawabannya. Angkanya mengungguli Mamat cs. Namun ketika soal terakhir akan dibacakan dan belum selesai, Samsu yang kepedean langsung menjawabnya, nah lo! Soal belum ada tapi jawabannya bener. Akhirnya Juri merasa curiga. Mamat cs lah yang akhirnya lolos ke pertandingan. Semua senang dan bangga.

Hari pertandingan tiba, sekolah pasar jangkrik harus berhadapan dengan sekolah lain yang siswanya juga pintar-pintar dan sering juara. Namun akhirnya karena Ela, Mamat dan To’ing rajin belajar mereka pun berhasil menjadi juara I dan mendapat hadiah uang sumbangan pendidikan sebesar 5 juta rupiah.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 10 - "Cerdas dan Cermat"

Tayang : Jumat, 15 Oktober 2009, pukul 18.00 WIB
Produksi : Starvision

Samsu cs berencana mengerjai Mamat yang akan lewat dengan seutas tali yang sudah dipersiapkan. Namun sayangnya yang terkena jebakan tersebut adalah Bang Sanip. Parahnya, karena terkena jebakan tersebut, pinggang Bang Sanip menjadi sakit dan membuatnya tak bisa bertugas. Bang sanip sontak memarahi Samsu cs.

Pada akhirnya Samsu diminta menggantikan tugas Bang Sanip menjadi keamanan pasar. Awalnya Samsu menolak, namun karena mendengar pendapat Eko kalau keamanan pasar banyak duitnya, Samsu mendadak berubah pikiran.

Dengan seragam keamanan pasarnya, Samsu semakin sombong dan semena-mena. Ia mulai gencar meminta uang kepada para pedagang. Namun kali ini Samsu meminta bayaran lebih, yakni sebesar lima ribu rupiah. Samsu beralasan jika ini adalah peraturan baru dari kantor pusat. Ia pun tak segan mengancam akan mengadukan pada Bang Sanip jika pedagang tak mau bayar, supaya Sanip yang mengadukannya ke pusat. Tak sadar jika telah dibohongi, pedagang pun menjadi merasa takut. Neneng dan Sarti ngegerundel. Sidik juga ikutan kesal.

Permasalahan di pasar bukan hanya datang dari Samsu. Kali ini pasar kedatangan penjambret yang melakukan aksinya di parkiran. Tak sedikit yang telah menjadi korban, termasuk Bang Sanip dan Mpok Minah. Samsu cs akhirnya sibuk mencari pejambret tersebut. Begitu pula dengan Mamat dan Ela. Sementara itu Neneng, Sarti, dan Ustadza Anisa memilih untuk mencari penjambret bersama Sidik. Seperti biasa Neneng kesal dan cemberut jika Sidik dekat dengan Ustadza Anisa. Neneng pun selalu berusaha berada di tengah-tengah mereka.

Penjambret akhirnya mencoba kabur dari pasar dengan cara menodongkan senjata ke Rita yang sedang lengah. Rita gemetaran dan mencoba kabur, namun dirinya malah terpojok. Untungnya Samsu cs datang. Samsu cs lalu melempari perabotan rumah tangga ke arah penjambret. Sayangnya penjambret bisa mengelak, dan yang terkena malah Rita. Penjambret yang kesal dengan Samsu cs akhirnya mencoba melawan. Samsu cs pun keteteran dan berusaha kabur. Penjambret kini balik mengejar Samsu cs.

Aksi kejar-kejaran tersebut akhirnya dilihat oleh Mamat. Dengan sigap ia berhasil mengetapel kepala penjambret hingga keleyengan. Begitu keleyengan, Mamat segera mengambil tali besar yang ada di dekat parkiran dan melilit tubuh penjambret. Mamat pun menyengkat kaki penjambret hingga terjatuh. Ela dan Ida senang karena Mamat bisa mengalahkannya. Samsu dan Eko yang tak mau kalah bilang kalau hanya seperti itu mereka juga bisa.

Akhirnya orang-orang dewasa datang. Samsu mengaku kalau dia yang mengalahkan penjambret tersebut namun Ida menyanggahnya. Karena kesal dengan ocehan Samsu, Mamat memasukkan combro ke mulut Samsu hingga Samsu keselek. Semua tertawa.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 11 - Kesaktian Mamat Hilang

Tayang : Jumat, 19 Oktober 2009, pukul 18.00 WIB
Produksi : Starvision

Sewaktu kerja bakti, telunjuk tangan kanan Mamat terluka. Mamat kesakitan dan panasnya langsung tinggi. Mamat dibawa pulang Ustadzah Anisa. Di rumah, Mamat mulai siuman dan segar kembali setelah dirawat Bang Sidik.

Saat pagi hari, Mamat bingung karena dirinya tak lagi bisa menjadikan telunjuk sebagai sikat gigi, seperti yang selama ini ia lakukan. Mamat pun mempraktikan kesaktian tangannya, tapi ternyata sudah hilang!

Mamat jadi bingung. Mamat terus berusaha mencoba kesaktian yang dimilikinya, tetapi semua itu gagal. Saat Samsu mengerjai dirinya, Mamat tak bisa berbuat apa-apa. Ela jadi bingung pada Mamat yang mendadak tak berdaya.

Di sekolah, Mamat tak lagi bisa menulis dengan menggeser telapak tangannya. Mamat pun curhat sama Ustadzah Anisa, kenapa kesaktiannya hilang? Ustadzah Anisa sendiri bingung.

Saat di pasar terjadi keributan, yakni pengeroyokan sekelompok orang terhadap Bang Sidik, Mamat tak kuasa menolongnya. Sebab kesaktian Mamat benar-benar hilang. Mamat jadi semakin sedih. Sementara itu lukanya tak juga sembuh.

Ustadzah Anisa menyarankan Mamat banyak-banyak bersedekah supaya luka di telunjuk tangannya sembuh. Tapi Mamat mengaku tak punya uang. Kata ustadzah, bersedekah tidak harus dengan uang. Dengan tenaga juga bisa. Akhirnya Mamat membantu ibu-ibu di pasar, membantu membawakan belanjaan tanpa harus diberi upah. Setiap kali menolong seseorang, bagian telunjuknya yang luka sembuh. Setelah menolong beberapa orang, lukanya menghilang.

Saat Mamat tengah duduk-duduk, Samsu dan teman-temannya melintas dengan sepeda. Samsu sempat meledek Mamat karena Mamat tidak punya sepeda. Secara tak sengaja Mamat menunjuk ke arah sepeda Samsu, dan sepeda tersebut meluncur masuk got!

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 12 - Heboh Jangkrik

Tayang : Jumat, 20 Oktober 2009, pukul 18.00 WIB
Produksi : Starvision

Anak-anak banyak yang membeli jangkrik milik Mamat hingga uang yang Mamat peroleh juga banyak. Samsu Cs kesal dan mau ngerjain anak-anak yang sudah beli jangkrik di Mamat, tapi untungnya Mamat menolong mereka. Perkelahian pun tidak bisa dihindari. Tapi, Mamat menang karena tangannya seakan berubah jadi besi hingga Samsu dan Eko babak belur.

Sanip memberikan burung pada Samsu. Begitu senangnya Samsu karena burungnya akan diperintah untuk memakan semua jangkrik Mamat sehingga Mamat tidak bisa berjualan lagi. Sayangnya, Samsu telat karena hari itu ada bapak-bapak yang membeli beberapa jangkrik Mamat dengan harga tinggi. Jangkrik itu untuk makan burung piarannya di rumah. Ough!! Samsu yang melihat kesal banget karena Mamat dapat uang banyak. Uang itu diberikan ke Sidik.

Neneng, Sarti, dan Amsir yang melihat jadi iri. Jangkrik yang ngedapetinnya nggak pake uang tapi bisa dijual!! Mereka juga mau cari jangkrik.

Karena Mamat sudah mendapatkan banyak uang, Sidik menyuruh Mamat istirahat. Mamat memilih beli makanan di warung. Saat itulah Samsu punya akal untuk mengambil kotak jangkrik Mamat. Samsu pura-pura melihat batu akik, dan Eko mengambil kotak jangkrik Mamat. Setelah berhasil, mereka kabur.

Sidik kaget begitu sadar kalau kotak jangkrik Mamat hilang. Sidik janji akan membuatkan kotak jangkrik baru dan membantu mencarikan jangkrik-jangkrik baru. Mamat menenangkan hati Sidik, karena kalau memang sampai hilang berarti kotak jangkrik bukan milik Mamat lagi.

Samsu Cs senang karena sudah mendapatkan kotak jangkrik. Tapi, karena Ida membuka kotak itu saat Samsu dan Eko lengah, maka burung yang sedang ada di dekat kotak jangkrik langsung menghabiskan jangkrik. Padahal Samsu berniat untuk menjual jangkrik ke pembeli jangkriknya Mamat.

Mamat dan Ela yang lagi belajar terganggu dengan marah-marahnya pembeli jangkrik yang merasa sangat dibohongi karena Samsu Cs bilangnya mau menjual jangkrik tapi nyatanya tidak ada. Samsu Cs kabur dan tidak mau tanggung jawab. Samsu Cs berlari di saat Mamat, Ela, dan Ustadzah Anisa keluar mushala. Samsu Cs menabrak mereka hingga terjatuh. Samsu marah ke Mamat dan ingin memukulnya. Tapi tali kolor celana pendek Mamat digunting jari Mamat hingga celana Samsu melorot. Pembeli jangkrik berhasil menangkap Samsu Cs dan menjewernya. Samsu Cs minta ampun.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 13 - "Ela Ulang Tahun"

Tayang : Jumat, 21 Oktober 2009, pukul 18.00 WIB
Produksi : Starvision

Suasana di kelas cukup seru ketika Ustadzah Anisa bercerita tentang kelahiran Rasullulah. Semua terlihat semangat karena ternyata Rasul berasal dari keluarga yang pas-pasan. Ida yang paling antusias. Ida juga menganggap bahwa memepringati hari kelahiran adalah hal yang penting juga. Ustadzah Anisa bertanya tanggal kelahiran Ida. Akhirnya semua ikut menyebutkan tanggal lahir mereka, dan tanggal yang paling dekat adalah tanggal lahir Ela. Itu berarti Ela sebentar lagi ulang tahun!

Ketika Mamat sedang membantu menutup lapak Sidik. Mamat melihat ada kardus kecil yang berisi batu-batu yang sudah cacat, ada yang pecah, terbelah dll. Mamat senang melihatnya karena jadi bagus kalo dicampur-campur. Karena sudah tidak laku, Sidik memberikan batu itu pada mamat. Mamat punya ide membuat bros untuk hadiah ulang tahun Ela lusa. Sementara Samsu sedang bingung mikir kado buat Ela. Eko mengusulkan Samsu pesan roti tart ulang tahun yang berbentuk hati buat Ela. Samsu setuju, Ida mengusulkan kalau akan lebih afdol roti itu buatan Samsu sendiri. Ida akan bawa resep bikin roti tart buat Samsu.

Ela sedang menyiram bunga sepatu pemberian mamat yang sudah dipindah pot. Samsu Cs datang sambil membawa bunga dan roti tart. Katanya sih blackforrest. Ela senang karena ada yang memberi kado. Tak lama Mamat datang sambil membawa kardus tart ulang tahun. Samsu Cs heran, dari mana Mamat dapet uang buat beli lagi tuh roti. Ela sangat senang karena roti dari Mamat ada tulisan namanya. Samsu ngerjain Mamat, tapi gagal karena Mamat sudah tahu gelagat sirik Samsu. Mamat memberikan bros buatannya buat Ela. Ela langsung memakainya di baju. Ida panas hati. Samsu juga gerah. Eko yang melihat mengajak ELa untuk memotong kue pemberian Samsu.

Tapi justru yang diambil dan disodorin Eko ke Ela roti milik Mamat. Samsu makin berang. Dengan sebel ia merebut kue dan mengambil kuenya. Dengan semangat Samsu menyodorkan pada Ela, tapi sayang, karena kaki Samsu nyangkut di kaki kursi, kue itu justru melayang mengenai Eko. Samsu makin kesal. Mamat terkekeh geli. Jadilah mereka terpaksa melihat Ela memotong dan memakan kue dari Mamat. Samsu Cs pergi sambil menahan kuping mendengar pujian Ela buat Mamat. Mamat bilang ke Samsu, kalau memberi tergantung niatnya, bukan karena ada maunya.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 14 - Bule Nyasar Ke Ps Jangkrik

Tayang : Kamis, 22 Oktober 2009, pukul 18.00 WIB
Produksi : Starvision

Pasar Jangkrik heboh. Seorang bocah bule, Andrew(10 tahun) nampak sedang dikejar oleh kambing, Mamat menolong bocah Andrew dengan membuat kambing ketakutan dan kabur. Andrew meminta tolong ditunjukin arah menuju ke bandara kepada orang-orang di pasar. Karena ngomongnya bahasa asing, gak ada yang ngerti dia ngomong. Andrew kebingungan. Ia terpisah dari kakaknya sewaktu istirahat di tengah perjalanan ke bandara. Bang Sanip malah marah-marah dikiranya Andrew sedang ngatain dia padahal Andrew ngomong pake Bahasa Inggris. Sidik ngebela, Sanip dan Sidik malah berantem lucu dan ujungnya bikin sayuran Neneng berterbangan.

Ia nanya kesana sini tapi orang-orang juga kebingungan gak ngerti dia ngomong apa. Sidik lalu ngomong dengan bahasa isyarat. Andrew minta supaya Sidik call (menelepon kakaknya) tapi sama Neneng Andrew malah dikasih sayur kol!

Mamat juga belum faseh bahasa Inggris, dia minta supaya Andrew nemuin Ustadzah Anisa, pasti Ustadzah ngerti. Tapi Ustadzah lagi ngga ada di tempat dan mereka susah banget buat nemuin Ustadzah Anisa.

Sekolah Mamat kedatangan bule Andrew jadi heboh. Dia ngomong bahasa Indonesia susah payah. Samsu cs mengerjai Andrew habis-habisan. Mereka berpura-pura mau menolong padahal setiap Andrew ngomong , mereka aja gak ngerti dan ujung-ujungnya Andrew jadi sering ketiban sial. Untung Mamat selalu datang menolong dengan kekuatan tangannya sehingga lagi-lagi Samsu cs yang kena getahnya.

Di pasar, kakak Andrew, George mencari Andrew. Tapi George fasih berbahasa Indonesia jadi Sidik bisa memberitahu bahwa Andrew sedang di sekolah. Di tengah jalan, George bertemu Samsu cs. Mereka bukannya menunjukan dimana Andrew tapi malah ngasih jalan salah. George pun nyasar.

Andrew dan George selalu berselisih jalan dan gak pernah sampai ketemu karena ulah Samsu cs yang sengaja membuat mereka tidak pernah bertemu. Andrew nyari ke pasar, George nyari ke sekolah. Andrew balik ke sekolah, George balik nyari ke pasar. Mamat akhirnya tahu kalau ini semua ulah Samsu cs. Mamat pun balik mengerjai Samsu cs sehingga Samsu cs kalau berjalan muter-muter dan selalu kembali ke jalan yang sama. Samsu cs jadi pusing dan pingsan. Mamat tertawa cekikikan.

Melihat George yang kebingungan, Sanip puny aide untuk menyamarkan Samsu jadi anak bule dan kemudian diakui sebagai Andrew. Samsu memakai masker dan pura-pura sakit flu. Sanip diberi uang oleh George karena berhasil menemukan Andrew tapi pas diajak ngomong Bahasa Inggris, Samsu kelabakan dan Ela melihat hal itu. Ela membongkar penyamaran Samsu. Samsu Cs dan Sanip pun kabur, George mengejar hingga dia tiba di lapak batu akik Sidik. Di sanalah ia akhirnya bertemu dengan Andrew.

Andrew dan Goerge pun pamit pulan, Goerge memborong semua batu akik punya Sidik. Sebagai hukuman karena sudah ngerjain orang, Samsu cs disuruh membersihkan sekolah. Samsu cs merengek gak mau, tapi Ustadzah Annisa keukeuh menghukum mereka. Samsu cs pasrah !

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 15 - Penyakit Jangkrik Gila

Tayang : Kamis, 23 Oktober 2009, pukul 18.00 WIB
Produksi : Starvision

Karena nilainya lebih buruk dari nilai MAMAT, SAMSU jadi dendam. Diam-diam dia menusukkan duri ke tubuh salah satu jangkrik SAMSU. Tiba-tiba jangkrik SAMSU jadi agresif. Dia langsung menggigit SAMSU. SAMSU marah dan lari pulang bersama EKO dan IDA. Jangkrik agresif itu lalu merangkak keluar tapi saat MAMAT kembali dari belakang, dia tidak tau kalau salah satu jangkriknya hilang.

Perilaku SAMSU mulai berubah. Dia tiba-tiba suka menyanyi, tertawa dan menangis sendirian. Tidak mau mandi dan makannya mencari di tempat sampah. SAMSU jadi dekil. Dia seperti orang gila. EKO dan IDA mengadu kepada Bang SANIP, tapi SANIP malah memarahi keduanya karena dia barusan kena marah oleh Pak KUSNI dan ajakan nontonnya dicuekin oleh NENENG dan SARTI.

SAMSU tidak mau pulang. Dia tiduran di teras rumah Bang SIDIK. Mamat mengajak tidur dalam rumah, tapi SAMSU tidak mau. Akhirnya MAMAT menemani SAMSU tidur di luar. EKO yang memaksa ngajak pulang digigit sama SAMSU dan tingkahnya ikut-ikutan seperti orang gila. MAMAT dan SIDIK jadi heboh. Dia nganterin SAMSU dan EKO pulang.

MAMAT dan SIDIK nanyain IDA kenapa SAMSU bisa begitu. IDA lalu nginget-nginget dan cerita soal jangkrik yang gigit SAMSU. Kabar ramai beredar. SAMSU dan EKO kena penyakit jangkrik gila. SANIP marah. Dia ingin membunuh semua jangkrik MAMAT. MAMAT tak terima. Dia dikejar-kejar SANIP dan berhasil melumpuhkan SANIP dan menyelamatkan jangkriknya.

SAMSU meminta tetek bengek pada SANIP, AMSIR dan PAK KUSNI. Kalau mereka nolak, SAMSU langsung gigit dan yang digigit jadi agresif. SAMSU ngejar-ngejar orang termasuk ELA, ANISA dan MAMAT. Semua jadi takut. Akhirnya MAMAT melumpuhkan SAMSU dan dia pun diikat di rumahnya. MAMAT lalu mencari jangkriknya yang hilang dan ketemu.

Dokter diundang untuk memeriksa. Dokter menyatakan semua sehat-sehat saja. Jangkrik pun diperiksa dan ketemulah duri yang menancap di tubuhnya. Jangkrik jadi agresif karena kesakitan. Akhirnya ketahuan kalau SAMSU sengaja ingin dianggap gila biar semua perintahnya dituruti. SANIP malah gebukin dia.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 16 - Gempa Hebat

Tayang : Kamis, 26 Oktober 2009, pukul 18.00 WIB
Produksi : Starvision

Aktifitas pagi normal. Tiba-tiba ada gempa melanda pasar Jangkrik. Sidik dan Mamat yang masih di rumah harus menghindari reruntuhan atap rumah. Pak Kusni dan Rita yang sedang ada di kantor malah bersembunyi di bawah meja. Ustadzah Anisa keluar mushalla dengan berdoa.

Sidik dan Mamat ke pasar, keduanya bertemu dengan Ustadzah Anisa. Mereka sedih saat melihat banyak warga yang terluka. Ustadzah Anisa berinisiatif membuka posko. Mamat, Sidik, dan Ela setuju. Sementara itu, Neneng, Surti, Amsir, dan Pak Kusni jadi korban. Samsu Cs dan Sanip baik-baik saja. Mereka nyukurin yang kena musibah dan dimarahi Pak Kusni.

Posko didirikan di mushola. Mamat membenarkan seisi ruang dengan jarinya. Ustadzah Anisa dan Sidik ikut membantu. Begitu posko jadi, Mamat dan yang lainnya membantu korban. Lain hal dengan Samsu Cs dan Sanip yang berinisiatif buka posko lain. Tapi, posko mereka dikenai bayaran. Para korban memang membayar tapi pakai kayu. Mamat menasehati Samsu Cs karena kejadian itu. Samsu Cs tidak terima dan berkelahi dengan Mamat, apesnya pukulan Samsu mengenai perut Sanip.

Orang-orang LSM “Anak Bangsa Peduli” datang membawa bala bantuan untuk korban gempa. Samsu Cs meminta bantuan itu diserahkan padanya karena Samsu buka posko. Awalnya LSM ABP tidak percaya, tapi begitu Sanip mengiyakan ada posko, maka bantuan untuk korban gempa diserahkan mereka. Sementara LSM ABP pergi, mereka akan kembali esok.

Samsu Cs dan Sanip pesta dengan bantuan LSM ABP. Surti dan Amsir tidak sengaja melihat. Surti mengadu pada Pak Kusni. Tapi Amsir malah ikutan pesta karena kalau tidak diajak, Amsir akan melapor. Sedang asyik-asyiknya pesta, semua orang datang. Samsu Cs, Sanip, dan Amsir dimarahi. Mereka dapat hukuman jalan bebek. Apesnya Samsu yang kesal menyenggol kayu sehingga kayu jatuh dan menimpa Samsu Cs, Sanip, dan Amsir hingga mereka jalannya kesakitan.

Pak Kusni bertemu dengan orang-orang dari LSM ABP lagi. Semua jadi ketahuan kalau bantuan mereka disalahgunakan oleh Samsu Cs, Sanip, dan Amsir. Akibatnya, sebagai hukuman mereka disuruh jadi badut untuk menghibur para korban di acara pentas seni yang diadakan LSM ABP dan Pengurus Pasar Jangkrik. Semua menertawakan Samsu Cs, Sanip, dan Amsir.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 17 - Teror Bom

Tayang : Kamis, 27 Oktober 2009, pukul 18.00 WIB
Produksi : Starvision

Duar!! Pasar Jangkrik dikagetkan dengan ledakan hebat. Semua panik dan serempak mencarinya. Warga datang dan menemukan lokasi ledakan. Lapak kosong gosong dan berasap. Dan tidak ada siapa-siapa. Semuanya bingung. Parto Patrio datang ke rumah Eko dengan wajah gosong. Samsu Cs ada di rumah Eko. Parto adalah saudara jauh Eko dan ingin menginap di rumah Eko. Orang tua Eko sedang keluar kota. Eko senang karena dia takut peneror bom berkeliaran.

Parto datang nyatanya bawa masalah. Neneng dirayu dan Neneng sengaja meladeni Parto agar Sidik cemburu. Tapi, Sidik diam saja. Neneng kesal dan Parto jadi korban kekesalan Neneng. Kalau Surti dan Rita didekati bersamaan, Parto menjanjikan mobil dan rumah yang dia beli dan masih ada di Jawa pada mereka. Surti dan Rita yang tidak pernah bertengkar, akhirnya bertengkar. Terakhir, Ustadzah Anisa juga ikutan digoda. Sidik kesal melihat Parto, terlebih melihat Surti dan Rita malah perang jambak-jambakan!!

Parto kesal karena dia tahu bahwa dirinya tidak diterima oleh semua warga. Parto akan meneror pasar jangkrik dengan ledakan!! Teror itu pun datang ke sekolah dengan tulisan “BOM AKAN MENGHANCURKAN PASAR JANGKRIK!!” Rita yang panik berteriak kencang “Bapak-bapak… Ibu-ibu… di pasar kita ada BOM!!” spontan semua pedagang dan pembeli kalang kabut. Mereka berlarian ke sana ke mari. Parto memanfaatkan situasi dengan melemparkan petasan. Semua orang semakin panik dan berlomba-lomba cari perlindungan.

Ela dan Samsu Cs melihat Parto yang meledakkan pasar. Ela pergi. Samsu punya rencana lain. Ela melaporkan hal ini pada Sidik, Mamat, dan Ustadzah Anisa. Sementara, Samsu Cs buat perjanjian dengan Parto. Samsu ingin Parto membayar mereka untuk tutup mulut. Parto setuju!!

Samsu Cs dan Parto berhasil meledakkan semua orang. Mamat menyuruh jangkriknya menyerang Samsu Cs dan Parto hingga mereka kabur. Ketika mereka kabur, jari Mamat menyentuh tali tambang yang berjalan seperti ular. Tali tambang mengikat kaki Samsu Cs dan Parto hingga terjatuh. Semua orang tahu Parto dalangnya dan Samsu Cs membantunya!! Karena kesal semua warga menyalakan petasan dan meledakkan di sekitar Samsu Cs dan Parto hingga mereka seperti gembel.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 18 - Bang Sidik dan Gadis Pencuri

Tayang : Kamis, 28 Oktober 2009, pukul 18.00 WIB
Produksi : Starvision

Sepulang dari pasar, hari sudah malam. SIDIK dan MAMAT menemukan wanita pingsan TINA TOON (17) di dekat rumahnya. Sidik segera menolongnya. Setelah siuman AYU yang cantik itu mengaku dia sedang hamil 8 bulan. Dan lari dari suaminya karena sering disiksa. AYU ingin numpang di tempat SIDIK sampai dia dijemput keluarganya dari Cirebon. Sambil nangis-nangis AYU meminta agar BANG SIDIK merahasiakan keberadaannya karena takut ditemukan suaminya. SIDIK berjanji tidak akan cerita pada siapapun.

SIDIK pamitan mau kulakan. TINA mencium tangan SIDIK sebagai ucapan terima kasih. Saat itu SAMSU lewat dan dia kaget. SIDIK menyuruh MAMAT menemani TINA di rumah. SAMSU lapor sama SANIP dan SANIP lapor sama PAK KUSNI kalau SIDIK menyembunyikan perempuan hamil di rumahnya. SANIP dan PAK KUSNI buru-buru pergi dan ngintip ke rumah SIDIK. Mereka kaget ketika melihat TINA menyisir rambutnya yang panjang. SANIP dan KUSNI desek-desekan dan terjatuh ke selokan.

SAMSU berkoar ke mana-mana termasuk pada USTADZAH ANISA kalau SIDIK menyembunyikan perempuan. ANISA jadi sedih juga cemburu. ANISA lalu bertanya pada MAMAT. MAMAT bingung untuk menjawabnya karena teringat pesan AYU. Gosip menyebar sampai ke mana-mana dan SANIP dan SAMSU yang nyebarin. Akhirnya SIDIK pun bercerita apa adanya pada PAK KUSNI. PAK KUSNI nyuruh SIDIK lapor sama RT dan membersihkan nama baiknya. SIDIK nutup lapaknya dulu baru ke PAK RT. ANISA datang mencari SIDIK tapi hanya bertemu NENENG. NENENG sengaja memanas-manasin ANISA kalau BANG SIDIK sudah pulang. ANISA jadi sedih karena cemburu dan langsung pulang.

Saat Mamat dan Sidik sampai di rumah, dia kaget karena semua isi rumah sudah terkuras habis. Sidik hanya bisa bersedih. MAMAT minta maaf karena ninggalin Ayu dan pergi ke sekolah. MAMAT dan SIDIK berusaha mengejar AYU tapi AYU sudah tak terkejar.

Besok paginya ramai terdengar berita di televisi tentang gadis cantik yang ditangkap polisi karena terlibat dalam komplotan pencurian rumah. Semua minta maaf sama SIDIK yang kena difitnah dan kena pencurian.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 19 - Gembong Pengemis Cilik

Tayang : Kamis, 29 Oktober 2009, pukul 18.00 WIB
Produksi : Starvision

Mamat terkejut karena banyak sekali pengemis cilik di pasar jangkrik. Mamat kaget saat seorang lelaki memarahi salah satu pengemis cilik. Pengemis cilik mengaku sakit, tetapi tetap dipaksa oleh si lelaki. Mamat diam-diam ngerjain si lelaki dengan cara kotak bekas telur dengan jemarinya, sehingga si lelaki lari tunggang langgang.

Mamat menolong pengemis cilik yang mengaku bernama Putri. Putri sebenarnya tak ingin mengemis. Putri mengaku dijanjikan pekerjaan, tetapi ternyata pekerjaanya mengemis. Putri ingin pulang, tetapi selalu dihalang-halangi. Mamat bersedia membantu Putri, tapi bingung gimana caranya.

Melihat Putri akrab dengan anak tidak dikenal, lelaki bernama Barong yang mengatur anak-anak mengemis marah. Mamat pun diciduk Barong, dibawa ke sebuah penampungan anak-anak. Samsu Cs juga ikut dengan Barong karena dikaranya Barong akan menghukum berat Mamat.

Mamat kena hukuman diikat tangannya. Karena kedua tangan Mamat diikat, Mamat jadi tidak bisa menggunakan kesaktian tangannya.

Sidik mencari Mamat. Sanip juga mencari Samsu. Sanip ternyata enggak mengenali Samsu yang lagi mengemis. Sementara Samsu sendiri senang mengemis, karena bisa dapat uang banyak. Samsu enggak tahu kalau ternyata uang yang dia dapatkan harus disetor ke Barong. Samsu jadi kesal.

Mamat disuruh Barong untuk mengemis juga, tapi Mamat tidak mau. Karena kesalnya tiba-tiba tangan Mamat keluar api hingga memutuskan tali tambang yang mengikatnya. Mamat berhasil kabur.

Putri memberi tahu Sidik di mana Mamat. Saat Sidik masuk, Barong marah dan menghajar Sidik. Barong juga jengkel karena Mamat hilang. Giliran Sidik yang diikat Barong. Putri melarikan diri. Barong kesal minta ampun.

Putri berhasil lolos dan bertemu dengan Mamat dan Ela. Ketiganya melakukan siasat bagaimana bisa kembali ke sarang gembong penculik dan membebaskan Sidik dan beberapa anak yang masih disekap.

Mamat, Putri dan Ela berhasil masuk ke dalam sarang gembong penculik. Tetapi ketiganya terjebak. Akan tetapi dengan kekuatan tangannya, Mamat berhasil melepaskan diri dan membebaskan Sidik serta anak-anak yang dijadikan pengemis. Barong dan anak buahnya dilumpuhkan Mamat dan Sidik. Mamat dan Sidik duet, ribut melawan Barong dan anak buahnya. Sidik yang sebenarnya tak bisa berkelahi mendapat bantuan jemari Mamat.

Pak Kusni bersama dengan Sanip pun datang bersama dengan warga, meringkus gembong pengemis anak-anak. Tapi karena sudah lumpuh, maka Polisi yang bersama mereka tinggal menciduknya. Samsu yang mengaku telah melumpuhkan Barong dan Bisrun kena apes karena pentungan Sanip melayang dan jatuh di atas kepalanya. Semua warga menyoraki dan mensyukuri Sasmu.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 21 - Virus Kekuatan Mamat

Tayang : Senin, 2 November 2009, pukul 18.00 WIB
Produksi : Starvision

Mamat sakit demam. Bang Sidik yang panik buru-buru mengompres Mamat. Bang Sidik menjaga Mamat semalaman. Paginya ternyata Mamat kena batuk dan pilek. Mamat batuk-batuk dan bersin-bersin terus. Nampak virus Mamat berterbangan keluar dari hidung dan mulutnya. Ketika Bang Sidik menyiapkan sarapan, Mamat batuk dan bersin-bersin. Nampak virus yang keluar dari hidung dan mulut Mamat berhamburan lalu terhisap oleh Bang Sidik.
Di pasar Bang Sidik kerepotan membereskan dagangan batu akiknya. Tas Bang Sidik yang berisi batu akik hampir terjatuh, Bang Sidik refleks nunjuk tas tersebut. Aneh, tas tersebut tidak jadi jatuh, malah tasnya melayang-layang, Bang Sidik kaget, tapi dia seneng karena jarinya punya kekuatan. Bang Sidik mencoba kekuatannya ke benda lainnya, dan hasilnya sama setiap benda yang ditunjuk sama Bang Sidik pada melayang.

Di sekolah, ketika Mamat bersin, virus Mamat berpindah ke Samsu. Hal ini membuat Samsu jadi memiliki kekuatan seperti Mamat. Mamat dikerjai terus. Mamat berusaha menggunakan kekuatan jarinya tapi tidak pernah berhasil.

Pulang sekolah Mamat ke pasar Jangkrik. Mamat kaget lihat Bang Sidik lagi pamer kekuatan ke Teh Neneng, Bang Sanip, sama Bang Amsir. Bang Sidik bisa bikin sayur Teh Neneng melayang-layang. Mamat jadi ngerti kalau bersin dan batuknya nularin kekuatan Mamat.

Mamat dibawain wedang jahe sama Ela. Kata Ela maknya Ela suka bikinin wedang jahe kalau Ela lagi kene batuk dan pilek. Mamat langsung minum. Besoknya Mamat sudah sehat. Mamat nggak bersin dan batuk-batuk lagi. Bang Sidik nampak sewot sambil nunjuk-nunjukin jarinya ke tas yang berisi batu akik. Mamat nanya, Bang Sidik bilang kekuatannya udah nggak ada padahal hari ini dia pengen tasnya dibuat melayang sampai pasar jangkrik biar gak usah capek-capek bawa tas. Mamat cuma nyengir. Di sekolah Samsu juga kesel gara-gara kekuatannya hilang, padahal dia belum puas ngisengin Mamat. Mamat nyeplosin Samsu katanya kalau orang yang berniat jahat pasti nggak selamat. Samsu kesel dengernya, nyamperin Mamat mau ngajak berantem. Mamat nunjuk baju Samsu. Nampak baju Samsu ketarik, Samsu jatuh. Ida dan Eko cekikikan. Ustadzah Anisa dan Ela dating, nanya kenapa Samsu jatuh. Mamat ngejelasin. Ustadzah Anisa nasehatin murid-muridnya, kalau niat jahat akan membawa dampak buruk bagi pelakunya.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 22 - Mamat Jadi Bintang Iklan

Tayang : Selasa, 3 November 2009, pukul 18.00 WIB
Produksi : Starvision

Di parkiran pasar ada shooting untuk iklan. Tiba-tiba muncul motor yang dikendarai oleh orang yang kehilangan remnya. Motor menyerempet bintang iklan hingga kakinya terluka. Tapi dengan kesaktiannya, Mamat bisa menghentikan motor. Kebaikan Mamat dibalas dengan penawaran jadi bintang iklan menggantikan bintang iklan sebelumnya.
Samsu Cs tau kalo Mamat ditawari bintang iklan. Samsu menemui Joni dan bilang dia bisa jadi bintang iklan. Joni memberikan posisi sebagai pengganti Mamat. Samsu berencana mencelakakan Mamat. Sementara, Sidik, Ela, Ustadzah Anisa, dan Neneng yang tahu Mamat jadi bintang iklan ikut senang.

Sanip tahu kalau Mamat jadi bintang iklan dari Neneng yang mau ke salon supaya nanti bisa ikutan nampang. Samsu juga memberitahu kalau dirinya jadi pengganti Mamat. Sanip menyarankan agar Samsu bisa merebut posisi Mamat!!

Bukan hanya Neneng yang jadi kinclong, tapi Rita juga tidak mau kalah. Rita juga mau nampang pas Mamat nanti shooting. Kedua wanita itu dan Amsir yang merasa keren mendekati Joni (sutradara) agar diajak shooting. Tapi, Joni marah dan menyuruh mereka gabung dengan warga lainnya. Shooting pun dimulai. Semua orang kagum dengan Mamat. Tapi Samsu Cs dan Sanip malah main jalan di depan kamera hingga diomelin.

Mamat jadi terkenal dan dimintai tanda tangan banyak orang. Samsu Cs kesal melihat itu. Makanya, Samsu Cs menyekap Mamat di gudang tua ketika mau melakukan shooting esok harinya. Samsu menggantikan Mamat, hanya saja bukannya shooting Samsu sibuk menawarkan tanda tangan pada warga.

Setelah lepas, Mamat menceritakan semuanya pada Joni. Samsu disuruh keluar, tapi Sanip mencegah karena kalau mau shooting maka Samsu harus ikut. Karena sudah pusing, Joni mengiyakan. Sayang, adegan berantem dilakukan Samsu beneran hingga membuat Mamat kelojotan. Joni menyuruh Samsu keluar.

Sanip dan Samsu yang tidak teriman mengambil satu kamera untuk menggagalkan shooting. Sanip menyuruh Samsu Cs membawa kamera ke rumah, tapi Samsu Cs malah membawanya ke kantor pasar. Kameraman kelabakan karena kameranya hilang. Mamat merekam kejadian dengan tangannya yang sudah mirip handycame canggih. Di sana, ditunjukkan kalau Sanip dan Samsu Cs pelakunya.

Akhirnya, kamera ditemukan. Sanip serta Samsu Cs ketahuan kalau merekalah yang mengambil. Mereka ingin kabur, tapi disengkat Mamat, Sidik, Pak Kusni, dan Rita. Semua warga pasar juga menimpuki mereka yang minta ampun.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 25 - Misteri Penjahat Bertopeng Cilik

Tayang : Selasa, 9 November 2009, pukul 18.00 WIB
Produksi : Starvision

Kong Jiung, orang tua yang pernah merawat Sidik waktu kecil, datang dan diminta melatih silat Mamat. Hal ini dilakukan Bang Sidik supaya Mamat lebih pandai main silat buat jaga diri. Sewaktu Mamat diajarkan jurus-jurus, Kong Jiung kaget saat jemari tangannya beradu dengan jemari Mamat, karena Jemari Mamat bisa kuat kayak besi behel. Kong Jiung yakin kalo si Mamat bakalan jadi pendekar ulung. Tapi kata Sidik, Mamat latihan silat buat jaga diri dan bukan jadi pendekar. Jaman kayak gini pendekar udah kagak laku, dan yang dipentingin tuh orang pinter dan berpendidikan!
Samsu jadi iri melihat Mamat belajar silat. Makanya, Samsu pun maksa babehnya ngajarin silat. Bang Sanip terpaksa mengajarkan Samsu, meski Samsu pernah belajar silat padanya sewaktu bertanding silat melawan anak-anak sekolah tetangga.

Sementara itu Ela belajar menari topeng dengan Karlin yang masih saudara jauh Bang Amsir. Awalnya Amsir menolak Ela belajar tari topeng, sebab takut menganggu waktu berdagang. Tapi Karlin mendesak, karena tari topeng harus diwariskan kepada anak-anak yang lebih muda, dan juga harus dilestarikan supaya tidak diklaim oleh negara lain. Ela dan Karlin pun menghibur orang-orang di pasar dengan tarian topeng betawi.

Di waktu berikutnya, pasar jadi geger gara-gara ada pencuri bertopeng cilik (si pelakunya anak kecil), yang topengnya mirip sekali dengan topeng yang dikenakan Ela dan Karlin menari. Orang-orang dipasar menuduh Karlin sebagai otak pelaku kejahatan bertopeng. Samsu ingin membela Ela, tetapi Samsu tak mampu melawan penjahat bertopeng tersebut.

Pak Kusni dan Bang Sanip jadi sibuk karena ulah penjahat bertopeng cilik. Pak Kusni dan Bang Sanip mewajibkan semua orang melakukan ronda di pasar. Selain itu, Pak Kusni memerintahkan Bang Sanip mengusir Karlin. Bang Amsir pun jadi benci dengan Karlin. Ela meminta bantuan pada Sidik dan Mamat, meyakinkan bahwa Karlin tidak bersalah.

Mamat pun melakukan penyelidikan. Mamat yang sudah belajar silat dengan Kong Jiung bertemu dengan penjahat bertopeng cilik. Mamat bisa dikalahkan oleh jurus-jurus penjahat bertopeng, tetapi saat Mamat mengeluarkan kesaktian tangannya, si penjahat bertopeng cilik tak berdaya.

Si penjahat bertopeng itu kemudian menangis dan menyesali perbuatannya. Dia ternyata seorang perempuan, yang tak lain putri dari Karlin, yang cemburu karena Karlin mengajarkan Ela tari topeng.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 26 - Demam Tamiya

Tayang : Selasa, 10 November 2009, pukul 18.00 WIB
Produksi : Starvision

Liburan sekolah Badrun saudaranya Samsu yang tinggal di kota nginep di rumah Samsu. Badrun bawa mainan Tamiya. Samsu juga dibelikan mainan tamiya sama mamahnya Badrun. Badrun dan Samsu main Tamiya. Ida dan Eko yang baru datang, takjub melihat tamiya punya Badrun dan Samsu. Samsu pamer ke Ida dan Eko. Saat Samsu pamer, Mamat dan Ela lewat, Samsu makin jadi pamernya sesekali Samsu mengejek Mamat ngatain kalo Mamat orang miskin nggak bakalan bisa punya tamiya kayak Badrun dan Samsu. Mamat sedih, Ela ngajak Mamat pergi.
Mamat masih teringat sama tamiya Samsu dan Badrun. Mamat berusaha mencari jangkrik sebanyak-banyaknya buat dijual, bantuin Bang Sidik berharap batu akik Bang Sidik ada yang ngeborong, tapi usaha Mamat buat ngumpulin duit buat beli tamiya belum cukup. Pada saat Mamat hendak ke pasar jangkrik buat bantuin Bang Sidik, Mamat ngeliat nenek-nenek mau nyebrang jalan tapi nggak bisa karena bawa belanjaan. Mamat mendekati Nenek dan membantunya menyebrang. Nenek mengucapkan terima kasih dan bertanya siapa Mamat dan sedang apa Mamat di pasar. Mamat memberi tahu kalau dia berdagang dengan Bang Sidik.

Ketika Mamat lagi sibuk ngitungin jangkrik yang mau dijual, Samsu Cs lewat sama Badrun, Samsu Cs ngejek Mamat sambil pamer-pamerin tamiya. Samsu bilang meskipun Mamat ngumpulin sejuta jangkrik, Mamat nggak bakal bisa punya tamiya. Bang sidik yang liat Mamat diejek Samsu, ngomelin Samsu. Bang Sidik sesumbar ke Samsu Cs kalo dia bakalan beliin Mamat tamiya sama jalan-jalannya kalo perlu. Mamat seneng dengernya. Samsu Cs dan Badrun pergi. Mamat ngucapin terima kasih ke Bang Sidik karena Bang Sidik mau beliin Mamat tamiya. Bang Sidik nyengir dan bilang kalo tadi dia cuma bercanda karena Bang Sidik nggak punya uang banyak buat beli tamiya. Mamat sedih lagi. Mamat ke tempat Mpok Neneng buat nyembunyiin rasa sedihnya dari Bang Sidik. Datang Nenek yang pernah ditolong Mamat membawa kardus besar ke lapak Bang Sidik. Mamat nyamperin.

Mamat dikasih tamiya dan jalan tamiya bekas cucu nenek yang udah pindah ke kota. Mamat seneng. Mamat langsung ngajak Ela main tamiya. Samsu Cs ngeliat Mamat punya jalan tamiya, sirik. Samsu Cs manas-manasin Badrun biar nantangin Mamat buat tanding tamiya. Badrun terpengaruh, Badrun punya tamiya yang ada remotnya. Badrun dan Samsu Cs punya rencana buat nyurangin Mamat. Mamat diajak tanding balapan tamiya sama Badrun dan Samsu Cs. Kalo Samsu Cs dan Badrun menang, Mamat disuruh kasih jalan tamiyanya ke Samsu dan Mamat nggak boleh main sama Ela. Mamat menyanggupi. Balapan diadu lima kali. Ronde pertama, kedua, ketiga, tamiya Badrun dan Samsu menang. Mamat cemas. Ela haus, mau beli minum melihat Ida dan Eko dibalik pohon lagi ngendaliin tamiya Badrun pake remot. Ela balik lagi ngasih tau Mamat tentang kecurangan Samsu Cs dan Badrun. Mamat mengarahkan jarinya ke arah tamiya Badrun, tamiya Badrun jalannya cepet lalu muter-muter nggak jelas.

Di balik pohon Ida sama Eko kebingungan soalnya remot nggak berfungsi. Mereka rebut-ribut berdua. Badrun datang dan langsung marah-marah soalnya jalanin remotnya nggak bener. Samsu ikut-ikutan marah. Ustadzah Annisa lewat, menyapa Mamat dan Ela. Ustadzah Annisa melihat Samsu dan Badrun lagi marah-marah sama Ida dan Eko, Ustadzah Annisa menegur Samsu. Samsu sambil sewot menceritakan kenapa dia marah pada Eko dan Ida. Samsu keceplosan mengaku kalau dia dan Badrun mencurangi Mamat. Samsu jadi malu. Samsu ingat tamiyanya yang sedang balapan sama tamiya Mamat. Nampak tamiya Samsu dan Badrun bertabrakan lalu mental keluar jalan tamiya. Tamiya mereka rusak. Samsu dan Badrun kalah.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 26 - Misteri Penjahat Bertopeng Cilik

Tayang : Selasa, 10 November 2009, pukul 18.00 WIB
Produksi : Starvision

Liburan sekolah Badrun saudaranya Samsu yang tinggal di kota nginep di rumah Samsu. Badrun bawa mainan Tamiya. Samsu juga dibelikan mainan tamiya sama mamahnya Badrun. Badrun dan Samsu main Tamiya. Ida dan Eko yang baru datang, takjub melihat tamiya punya Badrun dan Samsu. Samsu pamer ke Ida dan Eko. Saat Samsu pamer, Mamat dan Ela lewat, Samsu makin jadi pamernya sesekali Samsu mengejek Mamat ngatain kalo Mamat orang miskin nggak bakalan bisa punya tamiya kayak Badrun dan Samsu. Mamat sedih, Ela ngajak Mamat pergi.

Mamat masih teringat sama tamiya Samsu dan Badrun. Mamat berusaha mencari jangkrik sebanyak-banyaknya buat dijual, bantuin Bang Sidik berharap batu akik Bang Sidik ada yang ngeborong, tapi usaha Mamat buat ngumpulin duit buat beli tamiya belum cukup. Pada saat Mamat hendak ke pasar jangkrik buat bantuin Bang Sidik, Mamat ngeliat nenek-nenek mau nyebrang jalan tapi nggak bisa karena bawa belanjaan. Mamat mendekati Nenek dan membantunya menyebrang. Nenek mengucapkan terima kasih dan bertanya siapa Mamat dan sedang apa Mamat di pasar. Mamat memberi tahu kalau dia berdagang dengan Bang Sidik.

Ketika Mamat lagi sibuk ngitungin jangkrik yang mau dijual, Samsu Cs lewat sama Badrun, Samsu Cs ngejek Mamat sambil pamer-pamerin tamiya. Samsu bilang meskipun Mamat ngumpulin sejuta jangkrik, Mamat nggak bakal bisa punya tamiya. Bang sidik yang liat Mamat diejek Samsu, ngomelin Samsu. Bang Sidik sesumbar ke Samsu Cs kalo dia bakalan beliin Mamat tamiya sama jalan-jalannya kalo perlu. Mamat seneng dengernya. Samsu Cs dan Badrun pergi. Mamat ngucapin terima kasih ke Bang Sidik karena Bang Sidik mau beliin Mamat tamiya. Bang Sidik nyengir dan bilang kalo tadi dia cuma bercanda karena Bang Sidik nggak punya uang banyak buat beli tamiya. Mamat sedih lagi. Mamat ke tempat Mpok Neneng buat nyembunyiin rasa sedihnya dari Bang Sidik. Datang Nenek yang pernah ditolong Mamat membawa kardus besar ke lapak Bang Sidik. Mamat nyamperin.

Mamat dikasih tamiya dan jalan tamiya bekas cucu nenek yang udah pindah ke kota. Mamat seneng. Mamat langsung ngajak Ela main tamiya. Samsu Cs ngeliat Mamat punya jalan tamiya, sirik. Samsu Cs manas-manasin Badrun biar nantangin Mamat buat tanding tamiya. Badrun terpengaruh, Badrun punya tamiya yang ada remotnya. Badrun dan Samsu Cs punya rencana buat nyurangin Mamat. Mamat diajak tanding balapan tamiya sama Badrun dan Samsu Cs. Kalo Samsu Cs dan Badrun menang, Mamat disuruh kasih jalan tamiyanya ke Samsu dan Mamat nggak boleh main sama Ela. Mamat menyanggupi. Balapan diadu lima kali. Ronde pertama, kedua, ketiga, tamiya Badrun dan Samsu menang. Mamat cemas. Ela haus, mau beli minum melihat Ida dan Eko dibalik pohon lagi ngendaliin tamiya Badrun pake remot. Ela balik lagi ngasih tau Mamat tentang kecurangan Samsu Cs dan Badrun. Mamat mengarahkan jarinya ke arah tamiya Badrun, tamiya Badrun jalannya cepet lalu muter-muter nggak jelas.

Di balik pohon Ida sama Eko kebingungan soalnya remot nggak berfungsi. Mereka rebut-ribut berdua. Badrun datang dan langsung marah-marah soalnya jalanin remotnya nggak bener. Samsu ikut-ikutan marah. Ustadzah Annisa lewat, menyapa Mamat dan Ela. Ustadzah Annisa melihat Samsu dan Badrun lagi marah-marah sama Ida dan Eko, Ustadzah Annisa menegur Samsu. Samsu sambil sewot menceritakan kenapa dia marah pada Eko dan Ida. Samsu keceplosan mengaku kalau dia dan Badrun mencurangi Mamat. Samsu jadi malu. Samsu ingat tamiyanya yang sedang balapan sama tamiya Mamat. Nampak tamiya Samsu dan Badrun bertabrakan lalu mental keluar jalan tamiya. Tamiya mereka rusak. Samsu dan Badrun kalah.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 27 - Geger Bayi di Pasar Jangkrik

Tayang : Selasa, 11 November 2009, pukul 18.00 WIB
Produksi : Starvision

Mamat dan Sidik menemukan bayi mungil saat selesai shalat shubuh. Karena tidak tahu bayi siapa maka mereka bawa. Nyatanya bayi mungil milik seorang ibu yang sedang dikejar-kejar 2 Preman yang mau menjual bayi mungil ke luar negeri. Samsu melihat ibu bayi yang sedang disakiti 2 Preman, tapi Samsu Cs mengira ibu itu adalah perempuan tidak benar.

Paginya, Sidik dan Mamat mengumumkan tentang bayi mungil. Semua orang jadi heboh. Sanip menyuruh bayi mungil untuk dibuang saja karena takut membawa sial tapi ada juga yang menyuruh rawat, tapi yang merawat haruslah Sidik.

Neneng, Rita, dan Sarti rebutan memilih baju bayi, tapi kena apes karena bayi mungil yang sempat lepas dari Mamat membuat kacau pasar. Neneng, Rita, Sartim, dan Pak Kusni kena imbasnya. Amsir malah mengira kalau bayi itu adalah bayi tuyul, makanya Amsir takut uangnya hilang. Amsir menitip ke Sanip, tidak tahunya ketahuan Pak Kusni.

Sanip terus berkoar-koar menghasut warga kalau bayi tidak jelas itu bisa aja punya PSK. Begitu warga tahu infonya dari Samsu Cs, Sanip kena timpuk sayur. Karena tidak ada yang percaya dengan Samsu Cs. Tanpa diduga, bayi mungil nangis kencang membuat warga pasar menutup telinga mereka. Untungnya, Ustadzah Anisa datang dan mendiamkan bayi mungil. Akhirnya, Ustadzah Anisa ikut merawat bayi mungil. Sidik senang. Neneng dan Sarti yang ada di sana kesal sekali.

Ibu bayi bisa lolos dari 2 preman dan mencari bayinya di pasar. Apesnya dia bertemu Sanip yang terus bilang kalau bayi yang ada di pasar jangkrik anak haram. Jadilah si ibu diarak Sanip. Semua warga jadi mulai percaya. Tanpa diduga, 2 preman yang juga menanyakan bayi mendatangi Amsir minta dikasih tau lapak Sidik. Ibu bayi bertemu dengan 2 preman di lapak Sidik. Akhirnya semua terbongkar. 2 preman menyandera Amsir. Semua mengejar. Apesnya, Sanip yang bantu Amsir menghadapi 2 preman ikutan babak belur juga.

Pak Kusni menyuruh warga untuk ke rumah Sidik saja. Lalu, bertemulah ibu bayi dan bayinya. Begitu pamitan, 2 preman datang lagi. Padahal, sebelumnya mereka sempat dihajar Mamat dulu sehabis menang dari Sanip dan Amsir. Bayi mungil mengalahkan mereka dengan transfer kekuatan Mamat. 2 Preman kabur. Samsu tidak percaya bayi mungil sakti. Begitu bayi mungil diangkat, Samsu malah dipipisin. Semua tertawa.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 28 - Geger Bayi di Pasar Jangkrik

Tayang : Selasa, 12 November 2009, pukul 18.00 WIB
Produksi : Starvision

Tiba-tiba saja beras hilang di pasar jangkrik, banyak orang mau beli beras tapi stok tidak ada. Pedagang beras juga bingung, sekalinya ada yang jual beras, mahal banget harganya. Beras jadi langka! Mamat diam-diam menyentuh sebutir beras dengan jari supernya. Butir beras itu lalu menyerap ke tangan Mamat dan Mamat keluarkan kembali menjadi banyak butiran beras. Sidik pun akhirnya bisa makan dan bagi-bagi ke Ustadzah Anisa tapi jelas saja si Neneng jadi cemburu dan ngerebut beras itu. Beras berserakan di tanah, beras yang berserakan itu malah jadi rebutan warga pasar. Pasar pun jadi heboh.

Namun kekuatan tangan Mamat ngga bisa selamanya ngeluarin beras, soalnya mengeluarkan beras berarti mengeluarkan energi yang amat besar. Mamat jadi kecapean. Di pasar jangkrik kedatangan juragan kaya yang selalu memberikan sumbangan untuk pasar, namanya Juragan Maja. Juragan Maja baik banget sama pedagang, selalu memberikan tambahan modal meskipun bayarnya dua kali lipet plus bunga-bunganya. Sidik, sih, berusaha supaya warga ngga terpengaruh sama Juragan Maja tapi Sidik malah diancem sama premannya juragan Maja.

Mamat dan Ela menyelidiki kenapa harga beras mahal banget apalagi yang jualan beras cuma pedagang beras baru yang namanya Heru. Warga banyak yang mengantri di warung beras Heru bahkan Samsu Cs bikin onar terus di sana, mau dapat beras gratis, soalnya Samsu Cs kelaparan, jadi tambah nakal. Melihat langkanya beras, Ustadzah Anisa menyarankan supaya Pak Kusni melaporkan ke pemerintah setempat supaya diselediki dan diberi bantuan. Pak Kusni pun menyuruh Sanip.

Sanip tanpa sengaja melihat ada penimbunan beras yang dilakukan oleh Juragan Maja dan Heru adalah kaki tangan juragan Maja. Sanip hendak melaporkan hal itu tapi Sanip diberi sogokan banyak, Sanip pun diajak kerjasama buat menjadi keamanan saat prosesi penimbunan beras di pasar.

Seperti biasa Samsu Cs terus menganggu Mamat, apalagi Mamat sering dapat makanan roti dari Ustadzah Anisa. Meski sudah dikasih jatah roti, Samsu Cs terus merebut jatah Mamat. Warga pasar mulai mengganti makanan pokok mereka dengan ubi, kentang atau roti. Tapi makanan pengganti ini hilang juga dipasaran, harganya juga melambung, Mamat pun menancapkan jarinya ke tanah seperti mengebor, dalam sekejap muncul pohon singkong dan singkongnya besar-besar, Mamat pun membantu warga. Tanpa sengaja juragan Maja melihat hal itu dan menyuruh preman untuk memukuli Mamat.

Mamat pun melawan namun akhirnya ketangkep juga, karena mau sok jagoan di depan Ela akhirnya Samsu Cs ditangkep juga sama preman itu. Sanip dan Sidik mencari-cari Mamat. Sanip lalu teringat akan gudang rahasia juragan Maja, Sanip ke sana bersama Sidik dan Amsir, Neneng, Sarti dan Ustadzah Anisa mengikuti. Maka ketahuanlah bahwa yang menimbun beras adalah Juragan Maja. Juragan Maja mengerahkan preman-premannya untuk melawan Sidik, Sanip dan Amsir, terjadi perkelahian yang lucu.

Ustadzah Anisa sempat berpesan pada Rita dan Pak Kusni supaya menelepon polisi karena dia curiga sama Juragan Maja. Benar saja, di tengah kisruh keributan di gudang rahasia, beberapa polisi datang buat membekuk juragan Maja. Warga melempari juragan Maja dengan berbagai macam barang. Tapi melihat karung beras yang menumpuk-numpuk, warga khilaf berebutan ngambilin beras, alhasil Sanip dan Samsu Cs yang kena sial karena sempat ketiban karung beras. Meskipun begitu, pasar jangkrik kembali aman. Tidak ada lagi mafia beras.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 28 - Harta Karun Di Pasar Jangkrik

MALING….MALING…MALING!!!! Terdengar teriakan warga secara sepintas tapi semakin dekat ke arah Mamat dan tanpa disengaja maling itu menabrak Mamat yang sedang jalan berlawanan arah. Maling tersebut bangun dan lari lagi di kejar beberapa warga tapi dengan bantuan jari tangan mamat, maling tersebut jatuh terjungkel-jungkel dan akhirnya warga dapat menangkap maling tersebut namun warga tidak mengetahui kalau maling itu bisa terjatuh karena aksi mamat.

Warga sudah pergi semua, tinggal Mamat sendirian yang masih menahan sedikit rasa sakit, jangkrik–jangkrik Mamat semuanya keluar berhamburan dari sarangnya. Dengan kesaktian tangannya mamat bisa membuat jangkrik-jangkrik itu kembali kesarang Sementara itu, Mamat menemukan peta yang terjatuh di dekat pencuri.

Sampai di rumah Mamat bercerita dengan bang Sidik tentang pristiwa yang menimpa Mamat. Bang Sidik sangat kasihan dan bangga kepada Mamat, karena udah mambantu warga menangkap maling itu. Tapi ketika bang sidik di beritahu tentang peta pemberian seseroang, Sidik kaget dan takut kalo temen-temen maling pada nyariin nih barang!!!

Awalnya bang Sidik seneng bangat karena di akan jadi orang kaya raya melebihi Pak Kusni kepala pasar, itu seandainya dia dapet harta itu, tapi Mamat mengingatkan Bang Sidik kalau harta itu bukan milik mereka, sehingga harus dikembalikan kepada pemiliknya. Siapa pemiliknya? Bang sidik dan Mamat bingung. Akhirnya mereka memutuskan kalau besok pagi mereka mau serahkan ke pak Kusni.

Samsu cs yang ingin mencuri buku PR mamat, tidak disengaja mendengar perbincangan Mamat dan Bang Sidik. Bukanya buku PR yang dia curi malah peta harta karun itu. Keesokan harinya, Bang Sidik dan mamat bingung sebab peta itu hilang.

Sementara di sekolahan Samsu cs mendapatkan hukuman dari ustazah Anisa kerena tidak membuat PR. Tetapi Samsu cs tidak merasa kapok, malah tambah sombong Karena dia punya peta hatra karun. Namun peta itu sempat di ambil Mamat, namun di rebut kembali oleh samsu cs.

Samsu Cs menggali sebuah tempat yang mereka ketahui sebagai lokasi harta karun. Samsu menemukan sebuah kotak, tetapi kotak itu susah sekali dibuka. Meskipun begitu, seisi pasar sudah tahu tentang harta karun, sehingga mereka ramai-ramai mencari harta karun. Hanya Ustadzah Anisa yang tidak mempercayainya. Saat semua orang sibuk mencari harta karun, kawan pencuri asyik mengambil barang-barang milik warga, termasuk barang-barang Samsu Cs dan Pak Kusni.

Mamat dan Bang Sidik dengan susah payah melumpuhkan para pencuri. Warga kaget saat melihat pencuri sudah dalam keadaan terikat dan kesakitan. Sementara itu Samsu Cs dan Bang Sanip berhasil membuka kotak harta karun mereka. Semua berharap-harap cemas. Saat kotak dibuka, ternyata isinya Cuma celana kolor. Samsu dan Bang Sanip pingsan! Ternyata itu jebakan para pencuri yang ingin mengalihkan perhatian, agar pencuri bisa mencuri sepuasnya.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 29

Harta Karun Di Pasar JangkrikMALING….MALING…MALING!!!! Terdengar teriakan warga secara sepintas tapi semakin dekat ke arah Mamat dan tanpa disengaja maling itu menabrak Mamat yang sedang jalan berlawanan arah. Maling tersebut bangun dan lari lagi di kejar beberapa warga tapi dengan bantuan jari tangan Mamat, maling tersebut jatuh terjungkel-jungkel dan akhirnya warga dapat menangkap maling tersebut namun warga tidak mengetahui kalau maling itu bisa terjatuh karena aksi Mamat.

Warga sudah pergi semua, tinggal Mamat sendirian yang masih menahan sedikit rasa sakit, jangkrik–jangkrik Mamat semuanya keluar berhamburan dari sarangnya. Dengan kesaktian tangannya Mamat bisa membuat jangkrik-jangkrik itu kembali ke sarang. Sementara itu, Mamat menemukan peta yang terjatuh di dekat pencuri.

Sampai di rumah Mamat bercerita dengan Bang Sidik tentang peristiwa yang menimpa Mamat. Bang Sidik sangat kasihan dan bangga kepada Mamat, karena udah mambantu warga menangkap maling itu. Tapi ketika Bang Sidik diberitahu tentang peta pemberian seseroang, Sidik kaget dan takut kalo temen-temen maling pada nyariin nih barang!!!

Awalnya Bang Sidik seneng banget karena dia akan jadi orang kaya raya melebihi Pak Kusni kepala pasar, itu seandainya dia dapet harta itu, tapi Mamat mengingatkan Bang Sidik kalau harta itu bukan milik mereka, sehingga harus dikembalikan kepada pemiliknya. Siapa pemiliknya? Bang sidik dan Mamat bingung. Akhirnya mereka memutuskan kalau besok pagi mereka mau serahkan ke Pak Kusni.

Samsu Cs yang ingin mencuri buku PR mamat, tidak disengaja mendengar perbincangan Mamat dan Bang Sidik. Bukanya buku PR yang dia curi malah peta harta karun itu. Keesokan harinya, Bang Sidik dan Mamat bingung sebab peta itu hilang.

Sementara di sekolahan Samsu Cs mendapatkan hukuman dari Ustadzah Anisa kerena tidak membuat PR. Tetapi Samsu Cs tidak merasa kapok, malah tambah sombong Karena dia punya peta hatra karun. Namun peta itu sempat di ambil Mamat, namun direbut kembali oleh Samsu Cs.

Samsu Cs menggali sebuah tempat yang mereka ketahui sebagai lokasi harta karun. Samsu menemukan sebuah kotak, tetapi kotak itu susah sekali dibuka. Meskipun begitu, seisi pasar sudah tahu tentang harta karun, sehingga mereka ramai-ramai mencari harta karun. Hanya Ustadzah Anisa yang tidak mempercayainya. Saat semua orang sibuk mencari harta karun, kawan pencuri asyik mengambil barang-barang milik warga, termasuk barang-barang Samsu Cs dan Pak Kusni.

Mamat dan Bang Sidik dengan susah payah melumpuhkan para pencuri. Warga kaget saat melihat pencuri sudah dalam keadaan terikat dan kesakitan. Sementara itu Samsu Cs dan Bang Sanip berhasil membuka kotak harta karun mereka. Semua berharap-harap cemas. Saat kotak dibuka, ternyata isinya cuma celana kolor. Samsu dan Bang Sanip pingsan! Ternyata itu jebakan para pencuri yang ingin mengalihkan perhatian, agar pencuri bisa mencuri sepuasnya.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 45
Tayang : Senin, 7 Desember 2009, pukul 18.00 WIB

Tragedi Pasar Jangkrik - Sebuah mobil sedan tabrakan dengan mobil sedan lainnya di dekat pasar jangrik. Pasar Jangkrik hancur berantakan. Beruntung tidak ada korban jiwa dari penghuni Pasar Jangkrik tetapi penumpang kedua sedan itu langsung meninggal seketika. Polisi berdatangan mengamankan TKP. Pasar Jangkrik untuk sementara dilarang untuk beroperasi. Warga banyak yang trauma dan ketakutan mengingat kejadian tersebut. Tempat itu pun digosipkan angker.

Samsu Cs dan Bang Sanip memanfaatkan keadaan tersebut untuk menakut-nakuti warga. Dan yang terjadi, Samsu Cs dan Mpok Neneng menemukan seseorang berwajah hitam legam, menganggap bahwa orang itu hantu dari korban kecelakaan di Pasar Jangkrik. Bang Sanip pun memergoki makhluk itu dan berlari ketakutan.

Bang Sanip menemukan cara untuk mengusir hantu, yakni dengan memanggil seorang dukun. Bang Sanip meminta para pedagang iuran. Pak Kusni menyetujuinya, berharap Pasar Jangkrik bisa aman dari hantu seperti sedia kala.

Kedatangan dukun membuat Sidik kesal. Ustadzah Annisa sendiri mengatakan bahwa dukun bisa membuat kemusrikan. Akan tetapi Kusni dan Sanip tetap yakin bahwa dukun mampu mengusir setan di pasar jangkrik.

Suatu malam, Sidik dan Mamat mendengar suara menangis di pasar. Awalnya Sidik menduga, bahwa suara tangisan itu merupakan tangisan hantu gentayangan. Setelah diselidiki, ternyata makhluk berwajah hitam yang tidak bisa bicara. Sidik dan Mamat kasihan, lalu memberikan makanan. Setelah diberi makan, makhluk tersebut pergi tanpa permisi.

Sanip yang kembali memergoki makhluk tersebut mengira bahwa makhluk itu jelmaan hantu yang mati kecelakaan di Pasar Jangkrik. Semua pedagang pun ketakutan. Mamat dan Sidik berusaha menjelaskan, tetapi semua sudah kadung ketakutan. Dukun yang mengejar-ngejar Samsu Cs karena memakan sesajennya, juga ketakutan melihat wajah perempuan misterius itu.

Barulah saat polisi datang dan menangkap makhluk itu bersama Mamat, semua pedagang mengetahui bila makhluk itu ternyata hanya seorang yang hilang ingatan dan tidak bisa bicara. Polisi membawa orang tersebut pergi. Sementara itu, Sanip dan Pak Kusni yang meminta uang tempelan dan biaya dukun dipaksa para pedagang mengembalikan uang yang sudah mereka berikan. Sidik dan Mamat tersenyum. Sidik mengatakan kepada Mamat, lain kali kalau ada persoalan jangan ke dukun, tetapi lebih baik melapor ke polisi.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 50
Tayang : Senin, 14 Desember 2009, pukul 18.00 WIB

Koki Cilik
Ada tempat makan baru di pasar jangkrik, namanya Restoran Cilik. Soalnya kokinya itu adalah anak kecil seumuran Mamat bernama Tomi. Ayah Tomi adalah pemilik restoran itu. Tomi belajar memasak dari Kakek dan Neneknya yang sudah meninggal. Kemampuan Tomi terus dikembangkan hingga dibuatlah Restoran Cilik. Tomi sering masak di depan restoran, gaya masaknya professional, memotong kentang saja pakai pedang sambil bergaya-gaya kungfu. Orang-orang pasar jangkrik heboh dengan kehebatan Tomi.

Seperti biasa, Samsu Cs selalu bikin ulah, dia menganggu aksi Tomi memasak hingga api yang ada di kompor menyembur sehingga membuat Samsu Cs gosong-gosong. Api itu melebar ke meja makan, semua panic, diam-diam Mamat mengambil selang yang tidak dihubungkan dengan air, dari balik selang itu Mamat menggunakan kekuatan jarinya untuk menyemburkan air es hingga api membeku.

Samsu Cs kesal sekali dengan Tomi, iri berat, makanya dia selalu berusaha mengacaukan restoran Cilik dengan berbagai macam cara. Bahan masakannya dibuang, makanan yang sudah matang diganti dengan nasi basi, pelanggan yang mau datang kesana dijahili, dan lain sebagainya. Sebaliknya Mamat dan Ela senang berteman dengan Tomi. Mamat dan Ela sering membantu Tomi tatkala dijahili oleh Samsu Cs. Tomi pun mengajari Mamat dan Ela memasak, di rumah Sidik, di kala kompor rusak atau tidak ada alat masaknya, Mamat menggunakan kekuatan tangannya.

Samsu Cs makin iri pada Tomi, Samsu minta sama Sanip supaya dibuatkan restoran juga dan Samsu yang jadi kokinya. Sanip pun meminta sama Pak Kusni. Pak Kusni memberikan satu lapak untuk Samsu Cs. Samsu Cs memaksa orang-orang untuk makan di restoran ‘SAMSU ENAK’ kalau tidak mau akan dipentung sama Sanip. Tapi orang yang makan di ‘SAMSU ENAK’ selalu ketiban sial, makanan yang alot bikin daging keselek, makanan ngga enak bikin muntah, bahkan ada makanan yang sampai bikin pembeli buang-buang air.

Restoran Cilik menambah koki baru yaitu Mamat. Mamat mengadakan demo masak gratis dan semua memuji-muji hasil masakan Mamat. Bahkan Mamat diberikan hadiah oleh Ayahnya Tomi. Samsu Cs makin geram saja. Samsu pun menantang Mamat dan Tomi di depan semua orang untuk tanding memasak bebek panggang, siapa yang kalah harus menutup restoran mereka. Kalau Mamat dan Tomi kalah, Tomi harus menutup restoran Cilik. Mamat merasa belum bisa. Tomi pun berjanji akan membantu Mamat dengan membawa panggangannya.

Hari yang ditetapkan pun tiba, Samsu akan berpasangan dengan Eko sedangkan Mamat berpasangan dengan Tomi. Tapi sampai waktu yang ditentukan Tomi tidak datang juga. Ternyata Sanip memasang banyak paku di jalan menuju pasar hingga mobil Tomi dan Ayahnya tidak bisa melintas karena ban mobil kempes. Alat panggang dan Bebeknya ada pada Tomi.

Semua merasa khawatir karena Tomi belum juga datang, Tomi memilih untuk berjalan menuju pasar tapi di tengah jalan Ida memasang jebakan jarring. Mamat merasa curiga dan pergi mencari Tomi. Di tempat parkir nampak Ayah Tomi mendorong-dorong mobilnya dan mengatakan bahwa Tomi sudah jalan duluan ke pasar. Mamat dan Ela mencari Tomi lagi dan mendapatkan Tomi terjebak di jarring-jaring. Mamat lalu menggunakan kekuatannya untuk menyelamatkan Tomi. Tomi pun berhasil tiba di tempat lomba. Samsu Cs nampak kesal.

Karena dijebak tadi, Oven yang dibawa Tomi terjatuh dan rusak tidak bisa nyala tapi diam-diam Mamat menggunakan kekuatan tangannya supaya oven menjadi panas. Mamat dan Tomi bahu membahu memasak Bebek Panggang isi sayur. Sedangkan Samsu Cs terlihat kesusahan untuk mengolah bahan. Anehnya ketika kedua bebek panggang disajikan Bebek panggang Samsu lebih enak ketimbang punya Tomi. Tomi dan Mamat pun kalah. Samsu Cs kegirangan karena dapat hadiah mobil remote control dari Ayah Tomi. Restoran Cilik pun langsung ditutup, peralatan masaknya dibereskan. Mamat dan Ela sedih karena Tomi akan pergi tapi Sidik menemukan ada kardus makanan dari restoran ‘BEBEK ENAK’ di bawah meja masak Samsu Cs. Maka ketahuanlah kalau Samsu Cs berbuat curang. Bebek panggang yang asli gosong dan rasanya tidak enak bikin sakit perut. Maka Samsu Cs pun dilarang bikin restoran di pasar jangkrik. Samsu Cs berusaha kabur tapi malah nabrak tong sampah.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 51
Tayang : Selasa, 15 Desember 2009, pukul 18.00 WIB

Gara-Gara Petasan - Mamat yang sedang asyik bermain jangkrik dengan Ela di bawah pohon, dibuat kaget oleh suara petasan yang sengaja diledakan oleh Samsu Cs. Eko yang juga tidak senang melihat Mamat dekat Ela mencoba meledakan lagi petasan ke arah Mamat, namun dengan kesaktian Mamat membuat petasan itu meledak dan mengenai Samsu Cs.

Pasar Jangkrik dibuat heboh oleh Samsu Cs, Karena samsu Cs bermain petasan di tengah pasar yang sengaja mengenai pedagang yang sedang membawa sekarung terigu. DUARRR…. pedagang kaget dan karung terigu berantakan mengenai pedagang yang lain, sehingga terjadi keributan. Samsu Cs kabur, Sanip yang mencoba melerai malah menjadi amukan pedagang pasar.

Neneng ketakutan akan terjadinya pengeboman pasar, lalu memeluk Sidik. Kontan ustadzah yang melihat sedikit cemburu. Neneng senang sekali bisa membuat ustadzah cemburu. Sidik melepaskan diri dari Neneng hingga Neneng terjatuh. Neneng malah marah-marah sama Ustadzah Anisa.

Selain membuat keributan di pasar, Samsu Cs juga telah menggangu anak kampung sebelah dengan petasan. Anak yang kampung sebelah yang merasa digangu oleh Samsu Cs berbalik menyerang dengan petasan. Sehingga terjadilah perang petasan dan perkelahian antara Samsu Cs dengan anak kampung sebelah, Mamat yang mencoba meleraipun terkena imbasnya.

Kusni yang mengetahui hal itu menjadi marah besar, ditambah lagi dua preman kampung sebelah mencari dan menuntut balas kepada orang yang berkelahi dengan adiknya. Sanip jadi bingung dan minta perlindungan dengan Kusni. Namun meski demikian Samsu Cs tetap mendapatkan perlindungan oleh Sanip.

Semua Masalah hari itu telah selesai, namun warga dikejutkan oleh ledakan petasan Samsu Cs. Pakaian dan muka Samsu Cs gosong. Oleh karena itu janganlah bermain petasan karena dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 52
Tayang : Rabu, 16 Desember 2009, pukul 18.00 WIB

Tarzan Cilik
Mamat dan Ela sedang berangkat ke sekolah. Tiba-tiba Mamat melihat seorang anak kecil yang sedang ribut dengan seorang pedagang buah. Pakaiannya lucu. Ternyata namanya Tarzan. Kedatangan Tarzan di Pasar Jangkrik memang menimbulkan masalah. Tarzan biasa di hutan. Makan ini dan itu tidak bayar. Makanya dia dengan tenangnya makan buah di pasar, sehingga dia jadi sasaran kemarahan pedagang. Atau memetik buah mangga sehingga dia menjadi sasaran kemarahan pemilik pohon. Tapi dia cerdik dan selalu lolos dari masalah. Selain itu juga karena pertolongan Mamat.

Tarzan juga ada masalah dengan Samsu Cs, sehingga ketika Tarzan datang ke sekolah, dia dikejar-kejar oleh Samsu Cs, diapun naik pohon. Ketika Samsu mengejar ke atas pohon, keduanya jatuh karena dahannya patah.

Karena Pasar Jangkrik rusuh gara-gara kehadiran Tarzan, Kusni memerintahkan Sanip dan Amsir melakukan pengejaran terhadap Tarzan. Tapi dia selalu gagal. Akhirnya Samsu berhasil menangkap Tarzan ketika Tarzan sedang tidur di atas pohon. Tarzan diikat, sampai kemudian datang Mamat membebaskannya.

Tidak lama kemudian datang Darma, yang ternyata bapak kandung Tarzan. Tarzan ternyata hilang di hutan sewaktu kecil dan baru ditemukan minggu lalu. Tarzan lari dari rumah karena tidak betah. Dia terbiasa tinggal di hutan. Dia nyasar ke pasar jangkrik.

Dengan bantuan warga Pasar Jangkrik, Darma berhasil dipertemukan dengan Tarzan.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 53
Tayang : Kamis, 17 Desember 2009, pukul 18.00 WIB

Album Foto Kenangan Mamat - Mamat menolong seorang ibu yang anaknya hampir saja tertabrak motor. Ibu itu mengucapkan terima kasih. Anak dan ibu saling bertangisan bahagia. Mamat yang melihatnya jadi terkenang masa-masa dia dan ibunya dulu sewaktu masih bersama.

Sementara itu di pasar, Monty mencari Mamat. Dia membawa photo album kenangan Mamat dan keluarganya yang tertinggal di rumahnya. Katanya dia tetangga Mamat dulu. Tapi Samsu cs malah mengerjai Monty, lalu diam-diam mengambil album photo Mamat dan merusaknya. Monty kebingungan mencari dimana album photonya. Mamat dan Monty bertemu. Mamat senang sekali bertemu Monty. Monty tampak tak enak hati lalu menceritakan tentang hilangnya album poto Mamat. Katanya album poto itu satu-satunya harta peninggalan orangtuanya Mamat yang terselamatkan olehnya. Mamat kecewa sekali. Dia menuduh Monty sengaja menghilangkannya. Mamat jadi membenci Monty.

Monty kembali mencari Mamat di pasar jangkrik. Mamat malah memilih pergi merenung sendirian setiap kali Monty datang. Warga jadi heboh karena melihat Mamat sedih. Mereka pun menyalahkan Monty dan menuduh Monty sengaja menghilangkannya. Monty mengelak. Tapi warga yang di provokatori oleh Neneng malah mengusirnya. Monty pergi dengan marah.

Monty tidak terima dirinya disalahkan dan diusir. Kali ini dia kembali datang dengan teman-temannya. Monty cs vs warga pun bertengkar. Suasana pasar pun jadi kacau balau. Saat sedang merenung, tanpa sengaja Mamat malah mencuri dengar pembicaraan Samsu cs bahwa mereka lah mengambil photo album Mamat. Mamat marah lalu mengerjai mereka. Samsu cs pun melarikan diri karena takut saat melihat poto album Mamat jadi hidup. Mamat mengambil photo albumnya dengan sedih. Dengan kekuatan tangannya, photo album itu kembali utuh.

Mamat kembali mencari Monty dan meminta maaf. Pada saat yang bersamaan warga vs Monty cs sedang siap-siap berkelahi. Mamat meluruskan kesalahpahaman ini dan membongkar rahasia kejahatan Samsu cs.

Samsu cs datang tanpa rasa bersalah. Samsu cs dengan pedenya mengadu domba Mamat dan Monty dan menuduh Monty memang sengaja menghilangkan photo album itu. Tiba-tiba Samsu cs tersadar kalau tatapan warga ke mereka adalah tatapan marah. Ternyata warga dan Monty cs sengaja menunggu untuk menghukum Samsu cs. Samsu cs akhirnya kabur melarikan diri sementara dibelakangnya warga dan Monty cs mengejarnya karena kesal. Gara-gara Samsu mereka telah salah paham.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 54
Tayang : Jumat, 18 Desember 2009, pukul 18.00 WIB

SALAH ALAMAT. Pak Kusni memarahi Sanip di rumahnya. Sedang seru-serunya ngomel dateng tamu yang berpakaian beskap lengkap, dialek jawa. Namanya Kanjeng Suryo yang mengaku sebagai kerabat dekat Keraton Solo sedang mencari seorang anak raja yang sudah lama gak pulang dari Jakarta. Alamat yang diberikan adalah rumah Sanip. Melihat sosok Sanip, Kanjeng Suryo percaya, lalu mengeluarkan kertas silsilah di mana ada nama Raden Mas Sanif Surodiningrat. Sanip yang masih tercengang makin seneng ketika Kanjeng Suryo memberikan pakaian khusus anak raja dengan ikat kepala yang berhias bros emas di belakangnya (beda dengan blangkonnya Eko!). Samsu senang banget, tapi belum-belum Sanip udah mulai nyuruh Pak Kusni pulang dengan cara menyebalkan sekali. Pak Kusni tetap tidak percaya kalau Sanip itu anak raja yang lagi dicari. Menurut Kanjeng Suryo keraton berencana menikahkan Sanip dengan kerabat bangsawan yang sudah dijodohkan sejak kecil. Sanip makin girang dan pengen ketemu dengan sang putri bangsawan itu.

Penampilan Sanip dan Samsu berbeda. Sanip tak mau lagi jadi petugas keamanan pasar. Sanip minta Pak Kusni mundur, dan menggantikannya menjadi petugas keamanan. Karcis pedagang dinaikkan, Pak Kusni yang jadi keamanan pasar sering kena omelan pedagang dan Sanip. Para pedagang mulai tidak betah dengan kelakuan Sanip dan Samsu. Mereka mengadu pada Pak Kusni yang pake seragam keamanan pasar. Sidik yang melihat Sanip makin sebal.

Akhirnya Sidik tidak boleh jualan di pasar Jangkrik. Sidik dibantu Mamat jualan batu akik pindah-pindah. Pak Kusni didesak oleh orang pasar untuk melengserkan Sanip. Mereka sudah kesal dengan Sanip. Samsu dipanggil sama Pak Kusni yang kebetulan melihat Samsu mau kabur. Ketika semua berniat mendatangi Sanip, Kanjeng Suryo datang bersama seorang perempuan dengan dandanan seorang putri, dikawal dan bercadar. Tidak semua orang boleh lihat kecuali calon suaminya, sang pangeran. Mereka bareng-bareng ke kantor kepala pasar. Kanjeng Suryo mengenalkan sang putri pada Sanip. Sanip langsung kegirangan bukan main. Dari bodinya pasti cantik. Tapi ketika dibuka, ternyata Sanip malah pingsan! Tidak lama datang seorang lagi mencari Kanjeng Suryo. Dia menceritakan hal kekeliruannya tentang silsilah, kalau yang dicari Sanif, bukan Sanip! Sanif biasa dipanggil Suro. Ternyata yang anak raja itu bukannya si Sanip keamanan pasar Jangkrik. Saat itu juga Sanip dilucuti pakaian kebesarannya. Dengan senang hati Pak Kusni memberikan baju seragam keamanan pada Sanip, dan meminta setoran double. Semua pedagang pasar juga minta ganti rugi karena dagangan mereka belum dibayar. Akhirnya baju Sanip dan Samsu ikut dilucuti buat bayar utang. Sanip dan Samsu tinggal pake kolor doang kabur pulang ke rumah.

***********************************************************************
Sinopsis Si Mamat Anak Pasar Jangkrik Episode 55
Tayang : Senin, 21 Desember 2009, pukul 18.00 WIB

Topeng Monyet
Di pasar Jangkrik sedang ada pertunjukan topeng monyet. Warga pasar Jangkrik sangat antusias menontonnya. Amsir yang sangat menyukai topeng monyet malah joget mengikuti irama musik dan ingin foto bareng. Samsu dengan sengaja melepaskan ikatan tali pada monyet dan monyetpun kabur. Pemilik monyet minta pertanggungjawaban.

Monyet bikin rusuh di pasar Jangkrik. Neneng teriak histeris ketika monyet menyergapnya. Neneng pura-pura pingsan agar Bang Sidik menangkapnya. Bang Sidik malah cuekin Neneng dan Neneng pun jatuh.

Pasar jadi siaga satu. Pak Kusni pusing karena banyak warga yang jadi korban dan meminta pertanggung jawaban. Pak Kusni memerintahkan Sanip selaku keamanan pasar untuk menangkap monyet tersebut. Sanip jadi pusing karena dia sangat penakut dengan monyet. Sanip marahin Samsu yang dianggapnya sebagai penyebab ini semua. Samsu dipaksa menangkap monyet itu oleh Sanip.

Samsu Cs bertemu sang monyet. Saat mau ditangkap sang monyet malah meraung galak. Samsu Cs pun menimpukinya. Sang monyet marah dan mengejar Samsu Cs. Samsu Cs terpaksa harus bersembunyi masuk ke kandang ayam untuk menghindar dari kejaran monyet.

Suatu ketika Pak Kusni yang sok gagah berani malah kabur ketika sang monyet meraung. Namun semua teratasi ketika Mamat dengan kesaktiannya bisa membuat monyet tersebut tenang dan tidak galak lagi. Akhirnya monyet bisa ditangkap oleh Mamat dan diserahkan pada pemiliknya. Samsu Cs datang merampas monyet dari tangan mamat. Sang monyet langsung meraung-raung hendak mengejar Samsu Cs. Samsu Cs kabur.

***********************************************************************
(Terima kasih dan kredit diberikan kepada http://www.tpi.tv)

0 comments :

Online Visitors

Thank you for dropping by